Blog Dunia Pendidikan

Kemelut Cinta


Indah..
Sungguh indah cinta yang tercipta
Untukku..yang datang bersama warna-warni pelangi
Di atas langit yang berhamburan cahaya
Kabut kemelut cinta
Kujalani cinta yang harmoni
Tanpa hirauan angin menembus pipi
Merasuk tiada henti
Yang kututup pada daun telinga ini

Tak kusadari ...
Habis kikislah mawar berduri
Melayang di awan hitam yang sepi
Terbawa arus yang sikut sili berganti
            Puisi diatas tentunya memiliki makna yang tersirat dalam diri penulis, telah tersampaikan berbagai luapan perasaan yang hadir menjadi sebuah bentuk tulisan yang berharga setiap katanya. Puisi diatas termasuk puisi lirik yang berarti puisi yang berupaya menyuarakan pikiran dan perasaan pribadi pengarang / penyairnya, nah disini saya sebagai penulis puisi yang berusaha menciptakan suasana hati yang dapat melenyapkan kerinduan yang tertunda.
            Puisi itu bercerita tentang bagaimana seorang itu bisa menggunakan kesetiaannya tanpa menghiraukan apapun yang membuatnya menghapus jejak cintanya. Puisi ini memiliki pesan yang sebagian tersembunyi sehingga pembaca dapat merasa penasaran apa yang sebenarnya dirasakan oleh sipengarang/penyair. Puisi ini berawal dari kisah seorang yang begitu polos akan dunia cinta yang banyak sekali orang bergelut didalamnya. Yang kemudian ia mengalaminya sendiri dan mengetahui putih hitam yang bergejolak dalam fikirnya. Lalu timbul rasa rindu setelah sekian lama ia terpisah jauh dengan kekasihnya itu dan ia tak tahu akan bejalan sampai manakah perjalanan cintanya yang tak ingin ia hancurkan.
            Pengertian seseorang dan penafsiran puisi itu selalu lahir dari pandangan yang berbeda-beda atas makna yang timbul. Namun kita lihat bagaimana ia menyesuaikan isi dan tafsiran makna yang ada dalam puisi itu, dan bukan hal yang biasa jika sebenarnya menulis puisi itu bukan hal mudah, dengan susunan kata-kata yang berirama dan rima membutuhkan ide yang ekstra imaji dari pandangan kita.
            Puisi bisa lahir dari orang-orang yang bergelut dalam percintaan yang tak pernah lepas dari perasaan bimbang, sedih, bahagia, dan kerinduan yang selalu menyapa hari-harinya dikala cinta itu berjarak. Bukan satu atau dua orang yang terlibat dalam hal puisi sehingga puisi yang beragam akan menjadi kesatuan kata yang memiliki keindahan makna sehingga ia merasakan sendiri akan puitisnya kata yang dilontarkan kedalam sebuah tulisan.
            Dikatakan seseorang itu berhasil menulis puisi, bukan ia berhasil mengumpulkan kata-kata namun ia mampu bermain kata, bermain hati dan perasaan yang berbaur dengan permainan kata berirama dan bermajas. Puisi lahir dari berbagai sudut pandang seseorang mengenai apa saja yang menjadi sumber tulisan dalam sebuah puisi baik itu pengalaman, maupun kenyataan yang ada selama ia merasakan keadaan sebenarnya.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Kemelut Cinta"

Back To Top